Tiramisu adalah hidangan penutup Italia yang lezat yang memiliki citarasa tinggi yang dimungkinkan karena espresso di dalam pencuci mulut itu sendiri. Ini adalah favorit Italia yang dapat Anda buat di rumah Anda sendiri untuk mengeluarkan rasa espresso yang mendalam di dalam hidangan penutup klasik ini.

Tiramisu berarti “pick-me-up” dalam bahasa Italia karena memiliki kandungan energi dan kafein khusus karena penggunaan espresso. Tiramisu memiliki banyak cerita berbeda tentang asalnya, tetapi pada dasarnya terdiri dari kue berlapis menggunakan espresso sebagai bumbu. Beberapa orang mengklaim bahwa tiramisu berasal dari Tuscany, yang juga merupakan rumah bagi hidangan penutup Italia lainnya. Makanan penutup ini disebut Zuppa Inglese, yang berarti Sup Inggris. Sebenarnya tidak satu pun dari hal-hal itu, tetapi itu adalah kue yang terbuat dari ladyfingers yang direndam dalam minuman keras, dan makanan penutup kemudian memiliki lapisan telur dan custard cokelat. Seperti yang Anda lihat, kue berlapis sangat populer di Italia, itulah sebabnya tiramisu lahir.

Tiramisu memang menggabungkan espresso, cokelat, dan krim zabaglione untuk menghadirkan rasa yang dalam dan gelap. Beberapa orang mengklaim bahwa tiramisu dikembangkan lebih baru pada tahun 1970-an, di mana kemudian menjadi populer di Italia. Namun, resep klasik telah dibuat di Italia untuk beberapa waktu, melibatkan ladyfingers yang direndam dalam espresso yang gelap dan kuat untuk menghadirkan rasa yang kaya pada hidangan penutup. Resep asli untuk hidangan penutup ini tidak menggunakan telur mentah, dan juga mengandung bubuk kakao pahit untuk membawa rasa yang berbeda ke langit-langit mulut.

Espresso juga merupakan minuman lain yang terkenal di Italia, di mana Anda akan menemukan rasa berani dan gelap dari minuman ini yang disajikan dalam budaya Italia. Ini secara khusus mengapa espresso digunakan di dalam makanan penutup ini untuk memberikan tekstur yang lebih kaya pada rasa dan juga menghasilkan rasa krim yang lebih ringan sebagai hasilnya. Sekali lagi, asal usul tiramisu dapat ditelusuri kembali ke hidangan penutup Italia klasik lainnya, Zuppa Inglese. Ini juga merupakan versi Italia dari makanan penutup Inggris, English Trifle. Ada banyak kesamaan antara dua resep, dan satu-satunya pengganti adalah krim mascarpone untuk puding dalam resep tiramisu. Banyak orang tidak suka rasa kopi dalam makanan penutup mereka, tetapi di sisi lain, ada banyak orang yang telah menikmati tiramisu selama bertahun-tahun tanpa menyadari bahwa ada espresso di dalamnya!

Jika Anda mencari makanan penutup Italia tradisional yang memang menawarkan rasa espresso otentik, maka tiramisu adalah tempat terbaik untuk memulai. Ini adalah makanan penutup dekaden yang dibuat dalam bentuk kue berlapis. Penggunaan espresso inovatif karena kue jari dalam resep ini direndam dalam espresso untuk memberikan rasa yang lebih dalam dan lebih berani pada tekstur makanan penutup. Espresso digunakan untuk banyak resep makanan penutup, tetapi jika Anda menginginkan citarasa Italia paling klasik, maka yang terbaik adalah mencari makanan penutup seperti tiramisu yang datang langsung dari Italia sendiri!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *