Ada beberapa perdebatan tentang sejarah tiramisu. Akun oleh Carminantonio Iannaccone dan Nathan Lopez (sebagaimana diteliti dan ditulis oleh The Washington Post) menetapkan penciptaan tiramisu olehnya pada 24 Desember 1969 di Via Sottotreviso ketika ia menjadi kepala koki di Treviso, dekat Venesia.

Sumber-sumber lain melaporkan pembuatan kue yang juga dikenal sebagai “Tuscan Trifle,” yang berasal dari kota Siena, di provinsi Tuscany barat laut Italia. Beberapa koki dikatakan telah menciptakannya untuk menghormati Cosimo III (14 Agustus 1642 – 31 Oktober 1723) pada saat kunjungannya ke negara yang kehormatan ramuannya dijuluki Zuppa Del Duca (“sup adipati”). Duke membawa pulang makanan penutup ke Florence. Kemudian pada abad ke-19, Zuppa Del Duca menjadi populer di kalangan intelektual dan seniman Inggris yang tinggal di sana. Akibatnya, itu juga dikenal sebagai Zuppa Inglese. Mereka membawa makanan penutup ke Inggris, tempat popularitasnya tumbuh. Zuppa Del Duca akhirnya pergi ke Treviso, tepat di barat laut Venesia, di provinsi timur laut Veneto.

Terjemahan dari nama Italia tiramisù (tirami sù) berarti “pick-me-up” (secara metaforis, “buat saya bahagia”). Ini mungkin merujuk pada kafein dalam espresso dan efek kakao yang digunakan dalam resep.

Memang benar kue berlapis sudah ada sejak lama. Ide cemerlang dalam tiramisu bukan pada teknik layering, tetapi pada komponen. Merupakan ide bagus untuk menggabungkan kopi, krim zabaglione, dan cokelat.

Tampaknya tiramisu mungkin berasal sebagai variasi dari Zuppa Inglese. Disebutkan dalam buku masak Giovanni Capnist 1983, I Dolci Del Veneto, (The Desserts of Veneto), sementara Kamus Online Merriam-Webster memberikan 1982 sebagai yang pertama menyebutkan tentang sejarah makanan penutup tiramisu. Capnist menulis bahwa tiramisu adalah “resep baru-baru ini dengan variasi tak terbatas dari kota Treviso” dan “penemuan restoran lebih dari tradisi keluarga.”

Tetapi kata terakhir tentang sejarah tiramisu berasal dari sebuah buku karya Fernando e Tina Raris bernama La Marca Gastronomica yang diterbitkan pada tahun 1998. Ini adalah buku yang sepenuhnya didedikasikan untuk masakan Treviso. Para penulis ingat apa yang ditulis Giuseppe Maffioli dalam sebuah artikel pada 1981: “Tiramisu ‘lahir baru-baru ini, hanya 10 tahun yang lalu di kota Treviso. Diusulkan untuk pertama kalinya di restoran Le Beccherie di mana mereka masih membuat makanan penutup dengan resep klasik menggunakan ladyfingers yang direndam dalam kopi espresso kuat pahit, krim mascarpone-zabaglione, dan bubuk cocoa pahit. Makanan penutup dan namanya segera menjadi populer, dan kue ini disalin oleh banyak restoran pertama di Treviso, kemudian di seluruh Italia. Alba dan Ado Campeol, pemilik restoran, menyesal tidak mematenkan nama dan resep untuk menghindari semua spekulasi dan menebak-nebak tentang asal-usul kue ini dan penyebaran begitu banyak resep yang tidak ada hubungannya dengan tiramisu asli. “

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *